November 18, 2011

Cerita Sekolah Dasar

Cerita Sekolah Dasar : Manis dan Pahit - Setelah membaca Cerita Sekolah Dasar dalam blog I2harmony milik mas Iwan Restiono yang menceritakan kenakalan dan cinta, saya (Baca : Adi Pradana) mohon ijin untuk ikut menulis tentang Cerita Sekolah Dasar versi turnleftgoahead. Menurut saya, Cerita Sekolah Dasar merupakan sebuah kenangan masa lalu yang tercipta begitu saja di masa sekarang berdasarkan daya ingat masing-masing dan hari ini pun bisa saja menjadi sebuah kenangan di masa depan. Seburuk, semanis ataupun semanis kenangan, itulah kenangan kita. Untuk itu ingin kutuliskan sebuah cerita untuk masa depan tentang Cerita Sekolah Dasar. Langsung disimak...

Sebelumnya Nama saya Adi Pradana dengan nomor urut 1 dari kelas I sampai dengan kelas VI di SDN Sarikarya. Saya pernah menjadi ketua kelas pada kelas IV s/d VI. Mungkin sekolah ini tidak terkenal atau terkesan katrok (Baca : Kuno) untuk semua orang. Namun bagi saya sekolah ini mempunyai kebanggaan tersendiri bagi saya. Status sekolah ini adalah Negeri di bawah Dinas Pendidikan dengan ruang kelas berjumlah 6 ruang yang sangat sederhana. Sekolah ini beralamat di Dusun Kragilan, Desa Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta dengan kepala sekolah Bapak Mukija, S.Pd.SD. SDN Sarikarya letaknya tidak jauh dari rumah saya, cukup berjalan kaki beberapa meter. Biasanya pada waktu jam istirahat, kalau tidak bawa uang jajan pasti pulang ke rumah untuk makan atau sekedar pulang saja. hehe...

Pergaulan Sekolah Dasar
Setiap orang akan belajar dan berkembang menurut pergaulannya, masuk akal. Tidak ada peristiwa menarik yang akan diceritakan ketika saya duduk di kelas I, II, III dan IV karena pada saat itu saya masih cupu dan imut. Hingga pada saat kelas V saya mulai muncul idealisme seorang anak yang mencari jati diri. jiahhh... bahasanya. Saya mulai belajar bolos sekolah seperti cerita mas iwan. Pelajaran kehidupan yang harus dilalui oleh setiap pelajar. Pertama kali bolos adalah ketika kelas V, tak tanggung-tanggung, semua laki-laki di kelas bolos semua. Itu karena dikomando oleh salah satu teman saya, sebut saja TRY, pentolan SD N Sarikarya pada jaman saya yang merupakan pindahan dari SD Perumnas Condong Catur di kelas V. Apabila ada yang menolak pasti dihajarnya. Dan akhirnya semua tak berani padanya, nurut saja bolos dan nongkrong di rumahnya daerah kragilan. Di rumahnya, semuanya hanya nongkrong-nongkrong saja sambil merokok, rokoknya pun tingwe alias nglinting dewe (Baca : Melinting Sendiri). Gila!!! Dan lucunya adalah kasus bolosnya anak laki-laki SD Sarikarya terjadi hanya 2 kali saja, kenapa begitu? karena pada kejadian kedua kalinya, para guru telah membuat strategi dengan menghubungi para orang tua untuk berkoordinasi menggrebeg rumah TRY untuk menangkap pembolos-pembolos kecil. hehe... Alhamdulillahnya, TRY mengajak saya untuk tidak bolos dan tinggal di kelas bersamanya ketika semua anak laki-laki disuruh bolos. Tak tau alasannya apa? Mungkin karena saya adalah ketua kelas dan dia sudah mengetahui planning para orang tua dan guru. Itulah kejadian seru pembolosan masal Anak Laki-laki SD Sarikarya. Ada lagi kasus saling adu antar anak laki-laki yang di prakarsai oleh TRY, semua anak di suruh berkelahi satu lawan satu pada jam istirahat. Saya pun diadu dengan Ari yang akhirnya menjadi sahabat saya jama SD dulu selain Davit, Dina dan Yoyok. Dimana sekarang kalian semua.... Miss U All. Itu saja sekelumit kisah kenakalan jaman SD dulu, tidak baik diceritakan semua.

Mengenai kebiasaan anak-anak SD Sarikarya jaman saya yang masih diingat adalah pada jam istirahat kegiatan glotekkan meja (Baca : memukul meja dengan nada irama musik) atau bermain sepak bola. Tak jarang saya ikut bermain. Kalau jajan di kantin, kebiasaan saya adalah membeli Cap Cay dengan harga 200 rupiah pada jaman dulu atau permen seperti telur cecak dengan hadiah lotre. Pernah saya dapat hadiah uang 20rb dari permen tersebut. Jika tak punya uang saku, saya sering pulang ke rumah untuk makan dan minum seperti yang sudah saya ceritakan pada paragraf 2. Jananan yang ada di SD Sarikarya dulu macam-macam, ada Salomay yang ditusuk dengan kuah pedes (tak tau airnya matang atau tidak), ada yang namanya biting panjang-panjang pake bumbu serbuk seperti mie instant, ada kue lekker. Kalau mainan ada pak onteng-onteng (sebutan penjual mainan).

Kisah Cinta (Baca : Cinta Monyet) di Sekolah Dasar
Wah, mungkin cerita ini yang menjadi kenangan manis saya jaman Sekolah Dasar. Berbeda denga cerita cinta mas Ian Bood dalam blognya yang ditolak sebelum menembak, cinta monyet saya dimulai pada saat saya kelas VI. Adalah seorang anak perempuan yang bernama Yuni Winarsih menjadi orang yang saya sukai. Kenapa dia ? Berawal dari sikapnya yang baik hati. Pernah saya dibuatnya merasa simpatik, Dia pernah mengobati luka saya. Dulu pada waktu istirahat saya pulang ke rumah untuk makan, sekembalinya ke sekolah saya iseng-iseng nggandul di belakang mobil tetangga. Sesampainya di sekolah saya berusaha turun dari mobil yang melaju dan akhirnya jatuh dengan lutut lecet dan berdarah. Di kelas saya berusaha diam dan menahan sakit namun ketahuan oleh teman sebangku saya, Davit dan diceritakan kepada teman-teman. Waktu itu Yuni yang mengetahui langsung mengambil obat P3K di ruang kesehatan dan mengobati saya. Sejak saat itu saya simpati dengannya. Saya pernah menyuratinya hanya sekedar mengucapkan terima kasih, lucu ya, tak berani mengungkap kok pakai surat-suratan padahal kan cuma teman sekelas. Dan dia membalasnya. Di bawah surat ada sebuah tulisan yang mungkin terkesan alay jika dibaca pada masa sekarang. lihat gambar di bawah ini :


Rasa simpati berlanjut sampai lulus SD dan belum sempat mengungkapkan kepada perempuan yang saya suka. Atau bisa disebut dengan kasih tak sampai. :)

---------------------

Tak terasa sudah sampai di ujung paragraf cerita Sekolah Dasar dari PR dari mas iwan sudah terselesaikan, selanjutnya PR ini akan saya lanjutkan untuk mas Ahong jika bersedia menceritakan kisahnya, Mas irfan jika sempat meluangkan waktu untuk sekedar bercerita. Ada yang terlupakan saya Lulus SD tahun 1998. Salam Blogger!!!

2 komentar:

I2-Harmony mengatakan...

Wah, saya ndak pernah bolos lho. Salah baca pasti nih...
Lah, tahun lulus kita sama, 1998 bro...

adi pradana | turnleftgoahead mengatakan...

@I2harmony : wah salah baca ya saya bro. :)

Posting Komentar

Recomended Post : Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik Silahkan tinggalkan komentar anda, thanks! Visit Info Kesehatan Kita too :